7 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri Yang Harus Dipelajari

Nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi medis yang serius seperti infark miokard (serangan jantung) dan angin duduk (angina pectoris). Infark miokard terjadi ketika aliran darah yang mengandung oksigen ke jantung terganggu atau terhenti, yang dapat menyebabkan kerusakan atau kematian jaringan jantung. Angina adalah nyeri dada yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung.

Selain itu, nyeri dada sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh kondisi lain seperti pleuritis, gastritis, disfungsi diafragma, cedera dada, dan lain-lain. Pleuritis adalah inflamasi pada lapisan yang melapisi paru-paru yang dapat menyebabkan nyeri dada saat bernafas. Gastritis adalah inflamasi pada lambung yang dapat menyebabkan nyeri dada yang menyebar ke dada kiri. Disfungsi diafragma adalah kondisi dimana diafragma tidak bekerja dengan baik. Cedera dada seperti fraktur tulang rusuk atau patah tulang sternum juga dapat menyebabkan nyeri dada.

Nyeri dada sebelah kiri yang disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, mual, atau pingsan, harus segera ditangani dan periksakan ke dokter atau ke rumah sakit. Kondisi medis yang menyebabkan nyeri dada sebelah kiri dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat.

Penyebab nyeri dada sebelah kiri dapat beragam dan dapat disebabkan oleh kondisi medis yang berbeda. Beberapa penyebab umum nyeri dada sebelah kiri adalah

Nyeri Dada Sebelah Kiri
Nyeri Dada Sebelah Kiri

Masalah jantung

Masalah jantung adalah salah satu penyebab umum nyeri dada sebelah kiri. Beberapa masalah jantung yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Infark miokard (serangan jantung): Infark miokard terjadi ketika aliran darah yang mengandung oksigen ke jantung terganggu atau terhenti, yang dapat menyebabkan kerusakan atau kematian jaringan jantung. Nyeri dada yang disebabkan oleh infark miokard biasanya terasa seperti tekanan, sakit atau sesak pada dada sebelah kiri.
  2. Angina: Angina adalah nyeri dada yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung. Nyeri dada yang disebabkan oleh angin biasanya terasa seperti sakit atau sesak pada dada sebelah kiri, yang dapat menyebar ke lengan kiri, leher, atau rahang.
  3. Penyakit jantung koroner: Penyakit jantung koroner adalah kondisi di mana pembuluh darah yang menyediakan darah ke jantung menjadi tersumbat atau sempit. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri.

Baca juga : 10 Penyebab Dada Sakit Sebelah Kiri Yang Wajib Anda Diwaspadai

Nyeri Dada Sebelah Kiri
Nyeri Dada Sebelah Kiri

Pleuritis

Pleuritis (Inflamasi pada lapisan yang melapisi paru-paru) dapat menjadi salah satu penyebab nyeri dada sebelah kiri. Pleuritis dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi (seperti pneumonia atau tuberkulosis), cedera pada paru-paru, atau kondisi medis lainnya seperti lupus atau penyakit paru-paru interstisial.

Gejala dari pleuritis termasuk nyeri dada sebelah kiri yang terasa saat bernapas, batuk, sesak napas, dan demam. Nyeri dada yang disebabkan oleh pleuritis dapat menjadi semakin parah saat Anda menarik napas dalam atau batuk.

Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami nyeri dada yang disertai dengan gejala lain yang mengarah pada pleuritis. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga melakukan tes laboratorium atau tes radiologi untuk menentukan diagnosis dan menentukan pengobatan yang tepat. Pengobatan yang paling umum adalah obat-obatan antiinflamasi, analgetik, dan antibiotik jika disebabkan oleh infeksi.

Nyeri Dada Sebelah Kiri
Nyeri Dada Sebelah Kiri

Gastritis

Gastritis (Inflamasi pada lambung) dapat menjadi salah satu penyebab nyeri dada. Gastritis dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori, pengonsumsian obat-obatan seperti aspirin atau ibuprofen, atau kondisi medis lainnya seperti lupus atau penyakit paru-paru interstisial.

Gejala dari gastritis termasuk nyeri dada sebelah kiri yang menyebar ke dada, mual, muntah, dan diare. Nyeri dada yang disebabkan oleh gastritis dapat menjadi semakin parah saat Anda makan.

Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami nyeri dada sebelah kiri yang disertai dengan gejala lain yang mengarah pada gastritis. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga melakukan tes laboratorium atau tes radiologi untuk menentukan diagnosis dan menentukan pengobatan yang tepat. Pengobatan yang paling umum adalah obat-obatan antasida, antibiotik, dan perubahan pola makan.

Disfungsi diafragma

Disfungsi diafragma dapat menjadi salah satu penyebab nyeri dada sebelah kiri. Diafragma adalah otot yang berada di antara dada dan perut yang digunakan untuk bernapas. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan disfungsi diafragma meliputi:

  1. Cedera: Cedera pada diafragma dapat menyebabkan nyeri dada.
  2. Kelainan bawaan: Beberapa kelainan bawaan dapat menyebabkan disfungsi diafragma.
  3. Penyakit: Beberapa penyakit seperti poliomyelitis, miastenia gravis, atau kondisi neurologis lainnya dapat menyebabkan disfungsi diafragma.
  4. Perawatan medis: Beberapa prosedur medis seperti pembedahan pada diafragma dapat menyebabkan disfungsi diafragma.

Cedera dada

Cedera dada dapat menjadi salah satu penyebab nyeri dada sebelah kiri. Beberapa jenis cedera dada yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Fraktur tulang rusuk: Fraktur tulang rusuk dapat menyebabkan nyeri dada yang hebat dan terasa seperti sakit atau sesak di dada.
  2. Patah tulang sternum: Patah tulang sternum dapat menyebabkan nyeri dada yang hebat dan terasa seperti sakit atau sesak di dada.
  3. Cedera organ dada: Cedera pada organ dada seperti paru-paru, jantung, atau hati dapat menyebabkan nyeri dada.
  4. Cidera pada otot dan ligamen: Cidera pada otot dada dan ligamen dapat menyebabkan nyeri dada.

Jika Anda mengalami nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh cedera dada, segera periksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Cedera dada yang serius dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat.

Penyakit pada paru-paru

beberapa penyakit pada paru-paru dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Beberapa penyakit pada paru-paru yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Pneumonia: Infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sakit atau sesak.
  2. Tumor paru-paru: Tumor paru-paru dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sakit atau sesak.
  3. Emfisema: Penyakit paru-paru kronis yang menyebabkan pembesaran dan kerusakan pada alveoli (ruang udara di paru-paru) dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sesak napas.
  4. Asma: Penyakit pernapasan kronis yang menyebabkan obstruksi pada saluran napas dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sesak napas.

Jika Anda mengalami nyeri dada sebelah kiri yang disertai dengan gejala seperti sesak napas, batuk, atau demam, segera periksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Penyakit lainnya

beberapa penyakit lainnya juga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Beberapa penyakit lainnya yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Asam lambung tinggi (gastroesophageal reflux disease/GERD): Asam lambung yang naik ke dalam esofagus dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sakit atau sesak di dada.
  2. Hernia hiatal: Hernia hiatal adalah kondisi di mana bagian dari lambung naik ke dalam rongga dada melalui hiatus (lubang) di diafragma. Ini dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sakit atau sesak di dada.
  3. Batu empedu: Batu empedu yang terjebak di saluran empedu dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sakit atau sesak di dada.
  4. Penyakit hati kronis: Beberapa jenis penyakit hati seperti sirosis dapat menyebabkan nyeri dada.
  5. Aorta aneurisma: Aorta aneurisma adalah kondisi di mana pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke tubuh menjadi melebar dan lemah. Ini dapat menyebabkan nyeri dada yang terasa seperti sakit atau sesak.

Jika Anda mengalami nyeri dada sebelah kiri, segera periksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Sebaiknya untuk mengetahui secara pasti penyebab nyeri dada sebelah kiri, periksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Pengobatan nyeri dada sebelah kiri akan bergantung pada penyebabnya.

Beberapa pengobatan yang dapat diberikan untuk mengatasi nyeri dada sebelah kiri meliputi

Obat-obatan

Beberapa obat-obatan yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Analgesik: Obat-obatan seperti paracetamol atau ibuprofen dapat digunakan untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri.
  2. Nitrat: Obat-obatan seperti nitrogliserin dapat digunakan untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh angina.
  3. Antiplatelet: Obat-obatan seperti aspirin dapat digunakan untuk mencegah pembekuan darah dan mencegah serangan jantung.
  4. Antikoagulan: Obat-obatan seperti warfarin atau heparin dapat digunakan untuk mencegah pembekuan darah dan mencegah serangan jantung.
  5. Beta-blocker: Obat-obatan seperti metoprolol atau propranolol dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh penyakit jantung.
  6. Statin : Obat-obatan seperti atorvastatin, simvastatin dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah serangan jantung.

Fisioterapi

Fisioterapi dapat digunakan untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh cedera atau kondisi medis yang menyebabkan keterbatasan gerak. Beberapa jenis fisioterapi yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Terapi manual: Terapi manual meliputi teknik pijat dan manipulasi tulang belakang yang dapat membantu meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh cedera atau keterbatasan gerak.
  2. Latihan: Latihan dapat membantu meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh cedera atau kondisi medis yang menyebabkan keterbatasan gerak. Latihan dapat mencakup latihan kardiovaskular, latihan otot, atau latihan fleksibilitas.
  3. Terapi jalan kaki: Terapi jalan kaki dapat membantu meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh cedera atau kondisi medis yang menyebabkan keterbatasan gerak.
  4. Terapi napas : Terapi napas dapat membantu meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh kondisi pernapasan seperti asma.
  5. Terapi pijat : Terapi pijat dapat membantu meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh cedera atau kondisi medis yang menyebabkan keterbatasan gerak.

Perawatan medis

Beberapa jenis perawatan medis yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Angioplasti: Prosedur ini digunakan untuk memperluas pembuluh darah yang tersumbat dengan menyuntikkan balon ke dalam pembuluh darah.
  2. Pemasangan stent: Prosedur ini digunakan untuk memperluas pembuluh darah yang tersumbat dengan menempatkan stent (sebuah alat berbentuk seperti kawat) ke dalam pembuluh darah.
  3. Bypass jantung: Prosedur ini digunakan untuk mengatasi pembuluh darah yang tersumbat dengan menciptakan jalur baru untuk darah mengalir ke jantung.
  4. Pembedahan jantung : Prosedur ini digunakan untuk mengatasi kondisi jantung yang serius seperti regurgitasi atau stenosis.
  5. Medikamentosa: Dokter mungkin meresepkan obat-obatan yang dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.

Perubahan gaya hidup

Perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah atau meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh faktor risiko yang dapat dikontrol seperti :

  1. Diet sehat: Menjaga berat badan ideal dan menghindari makanan yang tinggi lemak dan garam dapat membantu mencegah serangan jantung.
  2. Aktivitas fisik: Menjaga aktivitas fisik yang cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
  3. Menghentikan merokok: Merokok dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
  4. Mengurangi konsumsi alkohol: Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko serangan jantung.
  5. Mengelola stres: Mengelola stres dapat membantu mencegah atau meredakan nyeri dada sebelah kiri yang disebabkan oleh faktor emosional.
  6. Tidur yang cukup : Tidur yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung.

Terapi

Terapi dapat digunakan untuk mengatasi masalah emosional yang mungkin menyebabkan atau memperburuk nyeri dada sebelah kiri. Beberapa jenis terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri dada sebelah kiri meliputi:

  1. Terapi kognitif-perilaku: Terapi ini dapat membantu mengatasi masalah emosional seperti stres, depresi, atau kecemasan yang dapat memperburuk nyeri dada sebelah kiri.
  2. Terapi relasi: Terapi ini dapat membantu mengatasi masalah dalam hubungan yang dapat memperburuk nyeri dada sebelah kiri.
  3. Terapi meditasi: Meditasi dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional yang dapat membantu meredakan nyeri dada sebelah kiri.
  4. Terapi musik : Terapi musik dapat membantu mengatasi masalah emosional yang mungkin menyebabkan atau memperburuk nyeri dada sebelah kiri.

Gejala nyeri dada sebelah kiri dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya, tetapi beberapa gejala umum termasuk

Sesak napas

Sesak napas adalah gejala yang sering muncul bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri. Sesak napas dapat muncul saat Anda berolahraga, saat beristirahat, atau saat stres. Sesak napas dapat menjadi gejala dari masalah jantung atau masalah paru-paru.

Masalah jantung seperti infark miokard (serangan jantung) atau stenosis aorta (penyempitan pada pembuluh darah yang menyalurkan darah dari jantung ke seluruh tubuh) dapat menyebabkan sesak napas karena jantung tidak dapat mengalirkan darah dengan cukup baik. Sedangkan masalah paru-paru seperti bronkitis atau emphysema (penyakit paru-paru kronis) dapat menyebabkan sesak napas karena paru-paru tidak dapat mengembang dengan baik.

Gejala ini sangat penting untuk diwaspadai karena dapat menandakan masalah jantung yang serius seperti infark miokard. Jika Anda mengalami sesak napas bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Keringat dingin

Keringat dingin adalah gejala yang sering muncul bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri. Keringat dingin dapat muncul saat Anda merasa cemas, takut, atau panik. Keringat dingin bisa juga diakibatkan oleh peningkatan aktivitas dari sistem saraf simpatis yang mengaktifkan proses “fight or flight” (bertarung atau lari) dalam tubuh.

Keringat dingin dapat menjadi gejala dari masalah jantung atau masalah saraf. Masalah jantung seperti infark miokard (serangan jantung) dapat menyebabkan keringat dingin karena tubuh merespons pada situasi darurat yang mengancam jantung. Sedangkan masalah saraf seperti gangguan saraf otonom dapat menyebabkan keringat dingin karena sistem saraf yang tidak berfungsi dengan baik.

Gejala ini sangat penting untuk diwaspadai karena dapat menandakan masalah jantung yang serius seperti infark miokard. Jika Anda mengalami keringat dingin bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Kelelahan

Kelelahan adalah gejala yang sering muncul bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri. Kelelahan dapat muncul karena berbagai masalah kesehatan, seperti masalah jantung, masalah paru-paru, masalah tiroid, atau masalah kronis lainnya. Kelelahan dapat juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang tidur, kurang berolahraga, atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

Masalah jantung seperti infark miokard (serangan jantung) atau masalah pembuluh darah koroner (penyumbatan pembuluh darah yang menyalurkan darah ke jantung) dapat menyebabkan kelelahan karena jantung tidak dapat mengalirkan darah dengan cukup baik. Sedangkan masalah paru-paru seperti bronkitis atau emphysema (penyakit paru-paru kronis) dapat menyebabkan kelelahan karena paru-paru tidak dapat mengembang dengan baik.

Gejala ini sangat penting untuk diwaspadai karena dapat menandakan masalah jantung yang serius seperti infark miokard. Jika Anda mengalami kelelahan yang berkepanjangan bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Pusing

Pusing adalah gejala yang jarang muncul bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri, tetapi dapat muncul dalam beberapa kondisi tertentu. Pusing dapat muncul karena berbagai masalah kesehatan, seperti masalah jantung, masalah saraf, masalah tekanan darah, atau masalah kronis lainnya. Pusing juga dapat muncul sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu.

Masalah jantung seperti infark miokard (serangan jantung) dapat menyebabkan pusing karena jantung tidak dapat mengalirkan darah dengan cukup baik. Sedangkan masalah saraf seperti meningitis (inflamasi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang) dapat menyebabkan pusing karena saraf yang terkena. Masalah tekanan darah tinggi atau hipotensi (tekanan darah rendah) juga dapat menyebabkan pusing.

Pusing yang muncul bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri dapat menandakan masalah jantung yang serius seperti infark miokard. Jika Anda mengalami pusing yang berkepanjangan bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Mual

Mual adalah gejala yang jarang muncul bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri, tetapi dapat muncul dalam beberapa kondisi tertentu. Mual dapat muncul karena berbagai masalah kesehatan, seperti masalah jantung, masalah gastrointestinal, masalah saraf, atau masalah kronis lainnya. Mual juga dapat muncul sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu.

Masalah jantung seperti infark miokard (serangan jantung) dapat menyebabkan mual karena jantung tidak dapat mengalirkan darah dengan cukup baik. Sedangkan masalah gastrointestinal seperti gastritis (peradangan pada lambung) dapat menyebabkan mual karena peradangan pada lambung. Masalah saraf seperti migrain (sakit kepala yang berulang) juga dapat menyebabkan mual.

Mual yang muncul bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri dapat menandakan masalah jantung yang serius seperti infark miokard. Jika Anda mengalami mual yang berkepanjangan bersamaan dengan nyeri dada sebelah kiri, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Rasa tidak nyaman di bahu atau lengan kiri

Gejala-gejala ini dapat muncul saat berolahraga, saat beristirahat, atau saat stres. Jika Anda mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Ingatlah bahwa nyeri dada sebelah kiri yang terkait dengan masalah jantung bisa menjadi sangat serius dan harus diobati segera.

Nyeri dada sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah jantung, paru-paru, tulang belakang, dan saluran pencernaan. Namun, jika Anda merasa sakit dada yang tidak biasa, segera hubungi dokter atau pergi ke unit gawat darurat untuk evaluasi lebih lanjut. Itu sangat penting untuk segera mengecek kondisi kesehatan Anda untuk mengecualikan kondisi serius seperti infark miokard atau emboli paru.