8 Penyebab Pergelangan Kaki Sakit Dan Cara Yang Harus Dilakukan Tindakan

Pergelangan kaki sakit (ankle pain) adalah kondisi yang dapat terjadi pada siapa saja dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kondisi ini dapat terjadi akibat cedera, overuse, atau penyakit yang mendasar. Pada beberapa kasus, pergelangan kaki sakit dapat diatasi dengan mudah, namun pada beberapa kasus lainnya dapat menyebabkan kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari.

Cedera pada pergelangan kaki dapat terjadi karena trauma langsung, seperti jatuh atau terbentur, atau karena overuse yang menyebabkan kerusakan pada jaringan di sekitar pergelangan kaki. Cedera ini dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan kesulitan dalam bergerak.

Pergelangan kaki sakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk cedera, overuse, atau penyakit yang mendasar.

Beberapa penyebab utama pergelangan kaki sakit meliputi

Pergelangan Kaki Sakit
Pergelangan Kaki Sakit

Cedera

Cedera pada pergelangan kaki dapat menyebabkan sakit. Beberapa contoh cedera yang dapat menyebabkan pergelangan kaki sakit termasuk:

  • Fracture (patah tulang)
  • Sprain (luka bengkak pada ligamen)
  • Tendonitis (inflamasi tendon)
  • Arthritis (peradangan sendi)

Cedera ini dapat terjadi akibat berbagai aktivitas, seperti olahraga, kecelakaan, atau kondisi medis tertentu.diagnosa yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus diberikan oleh dokter atau ahli fisioterapi setelah melakukan pemeriksaan fisik dan analisis cedera.

Pergelangan Kaki Sakit
Pergelangan Kaki Sakit

Arthritis

Arthritis adalah penyakit inflamasi yang dapat menyebabkan sakit, kaku, dan peradangan pada sendi. Ada beberapa jenis arthritis yang dapat menyebabkan pergelangan kaki sakit, diantaranya:

  • Osteoarthritis: Penyakit yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi. Ini adalah jenis arthritis yang paling umum dan sering terjadi pada orang yang berusia lebih tua.
  • Rheumatoid arthritis: Penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi-sendi tubuh. Rheumatoid arthritis dapat menyebabkan sakit pada pergelangan kaki dan juga menyebabkan kaku dan deformitas pada jari-jari kaki.
  • Psoriatic arthritis : Merupakan kondisi yang dapat menyebabkan sakit, kaku, dan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh psoriasis.

Arthritis dapat menyebabkan sakit yang parah dan membatasi aktivitas seseorang.diagnosa yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus diberikan oleh dokter atau ahli reumatologi setelah melakukan pemeriksaan fisik dan analisis cedera. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan termasuk obat-obatan anti-inflamasi non-steroid (NSAID), terapi fisioterapi, dan pembedahan.

Pergelangan Kaki Sakit
Pergelangan Kaki Sakit

Gout

Gout adalah jenis arthritis yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat dalam sendi. Gout sering menyebabkan pergelangan kaki sakit, kaku, dan peradangan pada sendi pergelangan kaki, karena sendi ini sering mengalami peradangan akibat pembentukan kristal asam urat.

Gout dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti kelainan metabolisme, obesitas, atau penyakit ginjal, yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Gout juga dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, seperti konsumsi alkohol yang berlebihan, diet tinggi purin, atau kurangnya aktivitas fisik.

Gejala gout meliputi: nyeri yang sangat kuat dan sakit, kaku dan merah pada pergelangan kaki yang terkena, dan perasaan panas di area yang terkena. Pada beberapa kasus, gejala gout dapat muncul secara tiba-tiba dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Untuk mengobati gout, dokter akan mencoba untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan mengatur diet, mengontrol berat badan, dan mengubah gaya hidup seperti menghindari alkohol dan meningkatkan aktivitas fisik. Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati gout termasuk obat-obatan anti-inflamasi non-steroid (NSAID), colchicine, dan obat-obatan yang menurunkan kadar asam urat dalam darah seperti allopurinol.

Tendinitis

Tendinitis adalah inflamasi pada tendon, yang merupakan jaringan keras yang menghubungkan otot dengan tulang. Tendinitis dapat menyebabkan pergelangan kaki sakit, kaku, dan nyeri pada pergelangan kaki, karena tendon-tendon yang menghubungkan otot-otot pergelangan kaki dengan tulang-tulang di daerah tersebut.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan tendinitis pada pergelangan kaki termasuk:

  • Overuse: Tendinitis dapat terjadi akibat aktivitas yang berulang-ulang yang menyebabkan tendon menjadi melemah dan terinflamasi.
  • Trauma: Cedera yang menyebabkan luka pada tendon dapat menyebabkan tendinitis.
  • Usia: Tendinitis lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua karena tendon menjadi lebih rapuh dan kurang elastis dengan bertambahnya usia.
  • Kondisi medis: Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, penyakit ginjal, atau rheumatoid arthritis, dapat menyebabkan tendinitis.

Gejala dari tendinitis pada pergelangan kaki adalah nyeri, kaku dan peradangan di area yang terkena, serta kesulitan dalam bergerak. Pengobatan tendinitis meliputi fisioterapi, pengurangan aktivitas, obat-obatan anti-inflamasi, dan terapi laser. Jika kondisi itu berat, dokter mungkin merekomendasikan pembedahan.

Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu cairan yang mengelilingi sendi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara sendi. Bursitis dapat menyebabkan pergelangan kaki sakit, kaku, dan nyeri pada pergelangan kaki, karena bursa yang mengelilingi sendi pergelangan kaki dapat terkena peradangan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bursitis pada pergelangan kaki termasuk:

  • Overuse: Bursitis dapat terjadi akibat aktivitas yang berulang-ulang yang menyebabkan bursa menjadi terinflamasi.
  • Trauma: Cedera yang menyebabkan luka pada bursa dapat menyebabkan bursitis.
  • Usia: Bursitis lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua karena bursa menjadi lebih rapuh dan kurang elastis dengan bertambahnya usia.
  • Kondisi medis: Beberapa kondisi medis, seperti rheumatoid arthritis, dapat menyebabkan bursitis.

Gejala dari bursitis pada pergelangan kaki adalah nyeri, kaku dan peradangan di area yang terkena, serta kesulitan dalam bergerak. Pengobatan bursitis meliputi fisioterapi, pengurangan aktivitas, obat-obatan anti-inflamasi, dan terapi laser. Jika kondisi itu berat, dokter mungkin merekomendasikan pembedahan.

Sindrom Tunel Tarsal

Sindrom Tunel Tarsal adalah kondisi medis yang disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada saraf tarsal yang berada di pergelangan kaki. Ini dapat menyebabkan pergelangan kaki sakit, kesemutan, dan kelemahan pada pergelangan kaki.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sindrom tunel tarsal termasuk:

  • Overuse: Aktivitas yang berulang-ulang yang menyebabkan tekanan pada saraf tarsal dapat menyebabkan sindrom tunel tarsal.
  • Trauma: Cedera yang menyebabkan luka pada saraf tarsal dapat menyebabkan sindrom tunel tarsal.
  • Usia: Sindrom Tunel Tarsal lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua karena saraf tarsal menjadi lebih rapuh dan kurang elastis dengan bertambahnya usia.
  • Kondisi medis: Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, dapat menyebabkan sindrom tunel tarsal.

Gejala dari sindrom tunel tarsal pada pergelangan kaki adalah nyeri, kesemutan, dan kelemahan pada pergelangan kaki. Pengobatan sindrom tunel tarsal meliputi fisioterapi, pengurangan aktivitas, obat-obatan anti-inflamasi, dan terapi laser. Jika kondisi itu berat, dokter mungkin merekomendasikan pembedahan.

Penyakit kronis

Ada beberapa penyakit kronis yang dapat menyebabkan pergelangan kaki sakit, diantaranya:

  • Arthritis: Penyakit inflamasi yang dapat menyebabkan sakit, kaku, dan peradangan pada sendi.
  • Gout: Penyakit yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat dalam sendi, yang dapat menyebabkan sakit, kaku, dan peradangan pada pergelangan kaki.
  • Scleroderma: Penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada kulit dan jaringan subkutan, yang dapat menyebabkan sakit dan kaku pada pergelangan kaki.
  • Lupus: Penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada berbagai organ dan jaringan tubuh, yang dapat menyebabkan sakit dan kaku pada pergelangan kaki.
  • Psoriasis Arthritis : Merupakan kondisi yang dapat menyebabkan sakit, kaku, dan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh psoriasis.

Penyakit kronis seperti ini dapat memerlukan perawatan jangka panjang dan perawatan yang sesuai harus diberikan oleh dokter atau ahli kesehatan yang sesuai setelah melakukan pemeriksaan fisik dan analisis kondisi pasien. Pengobatan dapat meliputi obat-obatan, terapi fisioterapi, dan pembedahan.

Kekurangan atau kelebihan berat badan

Kekurangan atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan pergelangan kaki sakit karena beban yang berlebihan pada sendi-sendi dan otot-otot pergelangan kaki.

Pada kekurangan berat badan, otot-otot yang tidak cukup kuat untuk mendukung berat badan yang ideal dapat menyebabkan sakit pada pergelangan kaki. Pada saat yang sama, sendi-sendi yang tidak cukup dilindungi oleh jaringan lemak dapat mengalami peradangan dan sakit.

Sedangkan pada kelebihan berat badan, beban yang berlebihan pada sendi-sendi dan otot-otot pergelangan kaki dapat menyebabkan sakit. Lebih dari itu, obesitas juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan sakit pada pergelangan kaki seperti osteoarthritis, gout dan diabetes.

Untuk mengatasi sakit pada pergelangan kaki yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan berat badan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti mengubah pola makan, meningkatkan aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur, serta menjaga berat badan ideal.

Sebelum mencari pengobatan, sangat penting untuk mengetahui penyebab dari pergelangan kaki sakit agar dapat memberikan pengobatan yang tepat dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Untuk mengatasi sakit pada pergelangan kaki, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah

Rileksasi

Rileksasi dapat membantu mengatasi pergelangan kaki sakit karena:

  1. Meredakan nyeri: Rileksasi dapat meredakan nyeri karena meredakan tekanan dan tegangan pada otot dan sendi pergelangan kaki.
  2. Meningkatkan aliran darah: Rileksasi dapat meningkatkan aliran darah ke area yang sakit, yang dapat membantu mengatasi peradangan dan nyeri.
  3. Meningkatkan mobilitas: Rileksasi dapat meningkatkan mobilitas sendi pergelangan kaki karena meredakan tegangan dan ketegangan pada otot-otot yang menopang sendi.
  4. Meningkatkan relaksasi : Rileksasi dapat membantu meningkatkan relaksasi pada otot dan sendi pergelangan kaki, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kaku.

Untuk melakukan rileksasi pada pergelangan kaki, dapat dilakukan dengan cara meletakkan kaki yang sakit di atas bantal atau meletakkan kaki di atas meja dengan posisi yang nyaman, mengambil napas dalam-dalam, dan mengendurkan otot-otot pergelangan kaki.

Kompres dingin

Kompres dingin dapat digunakan untuk mengurangi rasa pergelangan kaki sakit. Ini dapat dilakukan dengan menempatkan es atau benda dingin lainnya pada pergelangan kaki yang sakit selama beberapa menit. Namun, sebelum menggunakan kompres dingin, pastikan untuk tidak menempatkan es atau benda dingin langsung pada kulit karena ini dapat menyebabkan kerusakan kulit. Sebaiknya gunakan handuk atau kain yang ditempatkan antara es atau benda dingin dengan kulit.

Fisioterapi

Fisioterapi dapat digunakan untuk mengatasi rasa pergelangan kaki sakit. Beberapa jenis terapi fisioterapi yang dapat digunakan untuk pergelangan kaki termasuk:

  1. Pertolongan nyeri: Fisioterapis akan mengevaluasi dan memberikan tindakan untuk mengurangi rasa sakit pada pergelangan kaki.
  2. Pekerjaan otot: Fisioterapis akan membantu meningkatkan kekuatan otot pergelangan kaki dan kaki untuk meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas.
  3. Terapi modalitas: Fisioterapis dapat menggunakan modalitas seperti ultrasound, elektrik, dan terapi cahaya untuk mengurangi peradangan dan nyeri.
  4. Terapi latihan: Fisioterapis dapat memberikan latihan-latihan yang dirancang khusus untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot pergelangan kaki.
  5. Edukasi: Fisioterapis akan memberikan edukasi kepada pasien tentang cara mencegah cedera dan cara merawat pergelangan kaki yang sakit.

Sebelum melakukan fisioterapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau fisioterapis untuk menentukan jenis terapi yang paling sesuai untuk kondisi pergelangan kaki Anda.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat digunakan untuk mengatasi rasa pergelangan kaki sakit, diantaranya:

  1. Obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID): Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada pergelangan kaki. Beberapa contoh obat NSAID yang dapat digunakan adalah ibuprofen, naproxen, dan aspirin.
  2. Obat kortikosteroid: Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi peradangan yang berat pada pergelangan kaki. Obat ini dapat diberikan secara oral atau melalui injeksi langsung ke area yang sakit.
  3. Obat pereda nyeri: Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada pergelangan kaki. Beberapa contoh obat pereda nyeri yang dapat digunakan adalah paracetamol dan tramadol.
  4. Obat-obatan lain: Beberapa jenis obat lain yang mungkin diberikan untuk mengatasi pergelangan kaki sakit, seperti obat-obatan untuk kondisi tertentu, seperti diabetes atau osteoarthritis.

Sebelum menggunakan obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui efek samping dan interaksi obat yang mungkin terjadi. Jangan lupa untuk mengikuti dosis dan cara pakai yang dianjurkan oleh dokter atau apoteker.

Pemijatan

Pemijatan dapat digunakan untuk mengatasi rasa pergelangan kaki sakit. Pemijatan dapat membantu mengurangi tekanan dan nyeri pada pergelangan kaki dengan cara meningkatkan aliran darah dan sirkulasi oksigen ke area yang sakit. Selain itu, pemijatan juga dapat meredakan kekakuan otot dan meningkatkan fleksibilitas.

Beberapa jenis pemijatan yang dapat digunakan untuk pergelangan kaki termasuk:

  1. Pemijatan Swedish: Pemijatan ini menggunakan teknik yang lembut dan ritmis untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi nyeri.
  2. Pemijatan deep tissue: Pemijatan ini menggunakan tekanan yang lebih kuat untuk mengatasi nyeri yang berasal dari otot yang kaku dan tegang.
  3. Pemijatan trigger point: Pemijatan ini menggunakan tekanan yang tepat pada titik-titik spesifik untuk meredakan nyeri dan kekakuan otot.
  4. Pemijatan sports massage: Pemijatan ini ditujukan untuk atlet dan mencakup pemijatan otot yang terlibat dalam aktivitas fisik seperti lari, berjalan atau bersepeda.

Sebelum melakukan pemijatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau terapis pemijatan untuk menentukan jenis pemijatan yang paling sesuai untuk kondisi pergelangan kaki Anda.

Pengurangan aktivitas

Pengurangan aktivitas dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi rasa pergelangan kaki sakit. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi berat beban atau membatasi aktivitas yang menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pengurangan aktivitas meliputi:

  1. Istirahat: Memberikan istirahat yang cukup pada pergelangan kaki yang sakit.
  2. Menghindari aktivitas berat: Menghindari aktivitas berat yang dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki seperti berlari, bersepeda, atau berdiri terlalu lama.
  3. Menggunakan peralatan pelindung: Memakai peralatan pelindung seperti sepatu yang nyaman dan kompres pada pergelangan kaki saat melakukan aktivitas fisik.
  4. Mengurangi berat badan: Mengurangi berat badan yang berlebihan dapat membantu mengurangi tekanan pada pergelangan kaki.
  5. Menghindari posisi yang menyebabkan nyeri: Menghindari posisi yang dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki seperti duduk dengan kaki yang ditekuk terlalu lama.

Pengurangan aktivitas harus digunakan sebagai salah satu bagian dari rencana perawatan yang lebih luas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau fisioterapis untuk menentukan jenis aktivitas yang harus dihindari dan jenis aktivitas yang dapat dilakukan yang sesuai dengan kondisi pergelangan kaki Anda.

Perawatan medis

Perawatan medis dapat digunakan untuk mengatasi rasa pergelangan kaki sakit. Beberapa jenis perawatan medis yang dapat digunakan termasuk:

  1. Pemeriksaan medis: Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga melakukan tes seperti rontgen atau MRI untuk mengetahui penyebab rasa sakit pada pergelangan kaki.
  2. Terapi obat: Dokter dapat memberikan obat-obatan seperti anti-inflamasi non-steroid (NSAID) atau kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan nyeri pada pergelangan kaki.
  3. Injeksi: Dokter dapat memberikan injeksi steroid atau obat lain langsung ke area yang sakit untuk mengurangi peradangan dan nyeri.
  4. Fisioterapi: Dokter dapat meresepkan fisioterapi untuk meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas pergelangan kaki.
  5. Operasi: Dalam kondisi yang parah, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi untuk mengatasi masalah pada pergelangan kaki seperti osteoarthritis atau cedera ligamen.

Setiap kondisi yang menyebabkan sakit pada pergelangan kaki memerlukan perawatan yang berbeda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis perawatan yang sesuai untuk kondisi pergelangan kaki Anda.

Kompres panas

Kompres panas dapat digunakan untuk mengatasi rasa pergelangan kaki sakit. Kompres panas dapat meredakan nyeri dengan cara meningkatkan aliran darah dan sirkulasi oksigen ke area yang sakit. Selain itu, kompres panas dapat meredakan kekakuan otot dan meningkatkan fleksibilitas. Namun, sebelum menggunakan kompres panas, pastikan untuk tidak menempatkan panas langsung pada kulit karena ini dapat menyebabkan kerusakan kulit. Sebaiknya gunakan handuk atau kain yang ditempatkan antara kompres panas dengan kulit.

Beberapa jenis kompres panas yang dapat digunakan termasuk:

  1. Kompres air panas: Kompres ini dapat dibuat dengan menempatkan handuk atau kain dalam air panas dan menempatkan pada area yang sakit.
  2. Kompres minyak panas: Kompres ini dapat dibuat dengan mencampur minyak panas dengan minyak esensial seperti minyak lavender dan menempatkan pada area yang sakit.
  3. Kompres elektrik panas: Kompres ini menggunakan listrik untuk menghangatkan area yang sakit.
  4. Kompres panas komersial: Ada juga beberapa produk kompres panas yang dapat dibeli di toko-toko kesehatan atau online.

Sebelum melakukan kompres panas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau fisioterapis untuk menentukan jenis kompres panas yang paling sesuai untuk kondisi pergelangan kaki Anda.

Latihan fisik

Latihan fisik dapat digunakan untuk mengatasi rasa pergelangan kaki sakit. Latihan fisik dapat membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan stabilitas pergelangan kaki. Ini dapat membantu mencegah cedera dan mengurangi rasa sakit yang ada. Namun, jenis latihan yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi pergelangan kaki Anda dan harus dikoordinasikan dengan dokter atau fisioterapis.

Beberapa jenis latihan fisik yang dapat digunakan untuk pergelangan kaki termasuk:

  1. Latihan kekuatan: Latihan-latihan seperti angkat beban atau latihan resistensi yang dapat memperkuat otot pergelangan kaki dan kaki.
  2. Latihan fleksibilitas: Latihan-latihan seperti stretching yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki dan kaki.
  3. Latihan stabilitas: Latihan-latihan seperti latihan propriocepsi yang dapat membantu meningkatkan stabilitas pergelangan kaki.
  4. Latihan kardio: Latihan-latihan seperti berjalan, bersepeda, atau berenang yang dapat membantu meningkatkan kondisi kardio dan mengurangi beban pada pergelangan kaki.
  5. Latihan-latihan yang dirancang khusus: Latihan-latihan yang dirancang khusus untuk kondisi tertentu seperti diabetes atau osteoarthritis.

Sebelum melakukan latihan fisik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau fisioterapis untuk menentukan jenis latihan yang paling sesuai untuk kondisi pergelangan kaki Anda dan untuk mendapatkan panduan latihan yang tepat.