10 Penyebab Pergelangan Tangan Kiri Sakit Yang Harus Dihindari

Pergelangan tangan kiri sakit dapat menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan kesemutan pada pergelangan tangan kiri. Rasa sakit dapat terasa seperti sakit yang terus-menerus atau sakit yang hilang-timbul. Peradangan dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri terasa panas dan membengkak. Kesemutan dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri terasa kesemutan atau mati rasa.

Beberapa penyebab dari pergelangan tangan kiri sakit antara lain

Pergelangan Tangan Kiri Sakit
Pergelangan Tangan Kiri Sakit

Cedera

Cedera pada pergelangan tangan kiri sakit dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk trauma langsung, overuse, atau kondisi medis seperti artritis. Gejala yang mungkin termasuk nyeri, kekakuan, atau kelemahan pada pergelangan tangan kiri. Diagnosis dan pengobatan akan tergantung pada penyebab cedera tersebut. Jika Anda merasa sakit pada pergelangan tangan kiri, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Pergelangan Tangan Kiri Sakit
Pergelangan Tangan Kiri Sakit

Penyakit degeneratif

Beberapa penyakit degeneratif yang dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  • Osteoarthritis, yaitu kerusakan pada tulang rawan yang dapat menyebabkan sakit, kerusakan, dan perubahan bentuk pada sendi.
  • Tendinitis, yaitu peradangan pada tendon yang dapat menyebabkan sakit pada pergelangan tangan.
  • Sclerosis multipleks, yaitu penyakit sistem saraf yang dapat menyebabkan kerusakan pada saraf di pergelangan tangan.
  • Gangguan saraf, seperti sindrom carpal tunnel, yang dapat menyebabkan nyeri, kebas, dan kelemahan pada pergelangan tangan.

Diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan medis yang memadai.

Pergelangan Tangan Kiri Sakit
Pergelangan Tangan Kiri Sakit

Kelelahan otot

Kelelahan otot dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit, terutama jika otot tersebut digunakan secara berlebihan atau dalam posisi yang tidak nyaman. Beberapa contoh aktivitas yang dapat menyebabkan kelelahan otot pada pergelangan tangan kiri antara lain:

  • Mengetik atau menggunakan mouse komputer selama waktu yang lama
  • Melakukan aktivitas manual yang menyebabkan otot digerakkan secara berulang-ulang
  • Menggenggam atau menahan beban yang berat
  • Melakukan aktivitas olahraga yang menyebabkan otot digerakkan secara berulang-ulang

Kelelahan otot dapat diatasi dengan mengistirahatkan otot yang sakit, mengurangi aktivitas yang menyebabkan kelelahan, dan melakukan latihan untuk menguatkan otot. Jika gejala tetap berlanjut, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengecek apakah terdapat masalah kesehatan lain yang mendasar.

Gangguan saraf

Beberapa gangguan saraf yang dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  • Sindrom carpal tunnel, yaitu kondisi yang disebabkan oleh tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Gejala yang muncul antara lain nyeri, kebas, dan kelemahan pada jari-jari tangan kiri.
  • Neuralgia brakial, yaitu sakit yang terjadi pada saraf di lengan yang menyebar ke pergelangan tangan.
  • Neuropati perifer, yaitu kerusakan pada saraf-saraf di bagian tubuh yang berada di luar otak dan sumsum tulang belakang. Gejala yang muncul antara lain nyeri, rasa terbakar, kebas, dan kelemahan.
  • Radikulopati, yaitu kerusakan pada saraf yang berasal dari tulang belakang yang menyebar ke pergelangan tangan. Gejala yang muncul antara lain nyeri, rasa terbakar, kebas, dan kelemahan.

Diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan medis yang memadai.

Penyakit jantung

Penyakit jantung dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit dalam beberapa kondisi tertentu. Beberapa contohnya:

  • Angina pectoris, yaitu rasa sakit dada yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung. Rasa sakit dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri, bahu, leher, atau rahang.
  • Infark miokard, yaitu kerusakan jantung yang disebabkan oleh gangguan aliran darah yang menyebabkan kerusakan pada jantung. Rasa sakit dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri, bahu, leher, atau rahang.
  • Aortic dissection, yaitu terpecahnya dinding pembuluh darah utama jantung (aorta) yang dapat menyebabkan rasa sakit dada yang hebat yang dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri.
  • Pericarditis, yaitu radang pada jantung yang dapat menyebabkan rasa sakit dada yang dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri.

Namun, perlu diingat bahwa sakit pada pergelangan tangan kiri bukan merupakan gejala utama dari penyakit jantung, sehingga perlu konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan medis yang memadai.

Penyakit rematik

Beberapa jenis penyakit rematik yang dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  • Rheumatoid arthritis, yaitu penyakit rematik yang menyebabkan peradangan pada sendi-sendi tubuh. Gejala yang muncul antara lain nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi pergelangan tangan kiri.
  • Lupus, yaitu penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada berbagai organ tubuh, termasuk sendi. Gejala yang muncul antara lain nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi pergelangan tangan kiri.
  • Scleroderma, yaitu penyakit rematik yang menyebabkan kerasnya kulit dan jaringan ikat. Gejala yang muncul antara lain nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi pergelangan tangan kiri.
  • Psoriatic arthritis, yaitu jenis arthritis yang terkait dengan kondisi kulit psoriasis. Gejala yang muncul antara lain nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi pergelangan tangan kiri.

Diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan medis yang memadai.

Penyakit infeksi

Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  • Infeksi sendi, seperti septikemia atau osteomielitis yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi pergelangan tangan kiri.
  • Infeksi kulit, seperti abses atau furunkel yang dapat menyebabkan sakit pada kulit di sekitar pergelangan tangan kiri.
  • Infeksi saraf, seperti neuropati diabetik yang dapat menyebabkan sakit, kebas, dan kelemahan pada pergelangan tangan kiri.
  • Infeksi saluran napas, seperti pneumonia yang dapat menyebabkan sakit dada yang dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri.

Diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan medis yang memadai. Jika Anda mengalami gejala infeksi seperti demam, sakit tenggorokan, atau sakit pada pergelangan tangan yang disertai dengan nyeri, peradangan, atau kenaikan suhu, segeralah konsultasikan pada dokter.

Penyakit kulit

Beberapa jenis penyakit kulit yang dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  • Eksema, yaitu kondisi kulit yang menyebabkan gatal, kemerahan, dan kering pada kulit. Eksema dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri dan menyebabkan sakit dan gatal.
  • Psoriasis, yaitu kondisi kulit yang menyebabkan munculnya plak merah, gatal dan tebal pada kulit. Psoriasis dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri dan menyebabkan sakit dan gatal.
  • Dermatitis kontak, yaitu peradangan kulit yang disebabkan oleh kontak dengan bahan-bahan tertentu. Dermatitis kontak dapat menyebar ke pergelangan tangan kiri dan menyebabkan sakit, gatal, dan kemerahan pada kulit.
  • Lupus discoides, yaitu jenis lupus yang menyebabkan luka pada kulit yang disertai dengan sakit dan gatal.

Diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan medis yang memadai. Jika Anda merasa kulit pada pergelangan tangan kiri terasa gatal, sakit, atau terdapat perubahan pada kulit seperti kemerahan, bercak, atau luka, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan pengobatan yang tepat.

Penyakit metabolik

Beberapa jenis penyakit metabolik yang dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  • Gout, yaitu kondisi yang disebabkan oleh peningkatan asam urat dalam tubuh. Gout dapat menyebabkan sakit, bengkak, dan merah pada sendi pergelangan tangan kiri.
  • Osteoporosis, yaitu kondisi yang menyebabkan kerapuhan tulang dan mudah terluka. Osteoporosis dapat menyebabkan sakit, kaku, dan mudah patah pada tulang pergelangan tangan kiri.
  • Penyakit tiroid, yaitu kondisi yang menyebabkan kerja tiroid yang tidak normal. Penyakit tiroid dapat menyebabkan sakit, kaku, dan kelemahan pada otot pergelangan tangan kiri.
  • Penyakit hati, yaitu kondisi yang menyebabkan kerja hati yang tidak normal. Penyakit hati dapat menyebabkan sakit, kaku, dan kelemahan pada otot pergelangan tangan kiri.

Diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan medis yang memadai. Jika Anda merasa pergelangan tangan kiri sakit, kaku, atau lemah, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan pengobatan yang tepat.

Penyakit tumor

Beberapa jenis tumor yang dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  • Tumor tulang, yaitu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada tulang. Tumor tulang dapat menyebabkan sakit, kaku, dan mudah patah pada tulang pergelangan tangan kiri.
  • Tumor saraf, yaitu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada saraf. Tumor saraf dapat menyebabkan sakit, kebas, dan kelemahan pada pergelangan tangan kiri.
  • Tumor jaringan ikat, yaitu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada jaringan ikat. Tumor jaringan ikat dapat menyebabkan sakit, kaku, dan kelemahan pada pergelangan tangan kiri.
  • Tumor kulit, yaitu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada kulit. Tumor kulit dapat menyebabkan sakit, gatal, dan perubahan pada kulit pergelangan tangan kiri.

Diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai harus ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan medis yang memadai. Jika Anda merasa pergelangan tangan kiri sakit, kaku, atau lemah, atau terdapat perubahan pada kulit, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan pengobatan yang tepat.

Sebaiknya untuk mengatasi pergelangan tangan kiri sakit, anda harus segera mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari rasa sakit tersebut dan mendapatkan perawatan yang sesuai. Karena ada beberapa penyebab yang perlu perawatan segera.

Beberapa cara untuk mengatasi sakit pada pergelangan tangan kiri antara lain

Istirahat

Istirahat adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergelangan tangan kiri sakit. Istirahat akan membantu meredakan tekanan atau beban pada pergelangan tangan kiri yang menyebabkan sakit.

Jika Anda merasa sakit pada pergelangan tangan kiri, sebaiknya beristirahat dan jangan melakukan aktivitas yang menyebabkan sakit tersebut. Namun, jangan beristirahat terlalu lama karena dapat menyebabkan pergelangan tangan kiri menjadi kaku dan kurang gerak.

Selain itu, beristirahat juga dapat dilakukan dengan memberikan beban pada pergelangan tangan kiri secara berkala untuk mencegah kaku dan menjaga agar tetap aktif.

Selain beristirahat, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit pada pergelangan tangan kiri seperti pengurangan beban, pengobatan medis, latihan, kompres hangat, dan pengurangan stres.

Pengurangan beban

Pengurangan beban adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergelangan tangan kiri sakit. Jika sakit disebabkan oleh aktivitas yang menyebabkan beban pada pergelangan tangan kiri, sebaiknya mengurangi aktivitas tersebut atau mencari cara untuk mengurangi beban.

Beberapa cara untuk mengurangi beban pada pergelangan tangan kiri antara lain:

-Menggunakan alat bantu seperti tangan kedap suara atau sarung tangan untuk melindungi pergelangan tangan kiri saat melakukan aktivitas yang menyebabkan sakit

-Menggunakan alat mekanis yang dapat membantu dalam melakukan aktivitas seperti tangan kedap suara atau sarung tangan

-Menyesuaikan posisi kerja seperti meningkatkan posisi kerja agar sesuai dengan kondisi tubuh

-Menggunakan teknik yang benar saat melakukan aktivitas agar tidak menyebabkan beban pada pergelangan tangan kiri

-Melakukan latihan untuk menguatkan otot-otot pergelangan tangan kiri

Pengobatan medis

Pengobatan untuk pergelangan tangan kiri sakit dapat meliputi:

  • Pemakaian splint atau penjepit untuk mengurangi gerakan pada area yang sakit
  • Pemberian obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit
  • Fisioterapi untuk memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas pada area yang sakit
  • Steroid injeksi untuk mengurangi peradangan yang parah
  • Operasi dapat dilakukan jika kondisi lainnya tidak membaik.

Perlu diingat bahwa pengobatan yang tepat tergantung pada penyebab dari sakit pergelangan tangan kiri, dan sebaiknya mencari nasihat dari dokter atau ahli fisioterapi untuk diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.

Latihan

Latihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergelangan tangan kiri sakit antara lain:

  1. Stretching: Melakukan gerakan peregangan pada otot-otot yang berhubungan dengan pergelangan tangan, seperti melakukan gerakan memutar tangan, membuka dan menutup jari-jari tangan secara perlahan.
  2. Strengthening: Melakukan latihan untuk menguatkan otot-otot yang berhubungan dengan pergelangan tangan, seperti melakukan latihan mencengkram, mengejan, dan mengepalkan tangan.
  3. Range of Motion (ROM) : Melakukan latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan gerakan pada pergelangan tangan, seperti melakukan gerakan memutar tangan, membuka dan menutup jari-jari tangan secara perlahan.
  4. Ice : Menempelkan es pada area yang sakit selama 15-20 menit setiap 2-3 jam untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit

Perlu diingat bahwa latihan harus dilakukan secara berkala dan teratur, dan latihan harus dihentikan jika menimbulkan rasa sakit yang berlebihan. Sebaiknya mencari nasihat dari dokter atau ahli fisioterapi untuk mendapatkan program latihan yang tepat dan aman untuk kondisi Anda.

Kompres hangat

Kompres hangat dapat digunakan sebagai salah satu terapi untuk mengatasi pergelangan tangan kiri sakit. Kompres hangat dapat digunakan untuk:

  • Meredakan rasa sakit dan nyeri
  • Meningkatkan aliran darah ke area yang sakit
  • Melegakan kram otot
  • Membantu mengurangi peradangan

Cara menggunakan kompres hangat adalah dengan cara menyediakan air panas (tidak terlalu panas) dan menempelkannya pada area yang sakit menggunakan handuk atau kain hangat. Diamkan selama 15-20 menit dan ulangi prosedur ini sebanyak 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menggunakan kompres hangat yang tersedia di pasaran seperti kompres botol atau kompres elektrik.

Namun perlu diingat bahwa kompres hangat tidak selalu cocok untuk semua orang dan kondisi, dan sebaiknya mencari nasihat dari dokter atau ahli fisioterapi untuk mengetahui apakah kompres hangat cocok untuk Anda dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

Pengurangan stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, termasuk menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit. Pengurangan stres dapat membantu dalam mengatasi sakit pada pergelangan tangan kiri. Beberapa cara untuk mengurangi stres antara lain:

  1. Meditasi: Melakukan meditasi atau relaksasi dapat membantu menurunkan tingkat stres dan nyeri.
  2. Olahraga: Olahraga secara teratur dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kesehatan fisik.
  3. Terapi: Terapi dapat membantu Anda mengatasi stres dan mencari cara untuk mengatasinya secara efektif.
  4. Waktu senggang: Menyediakan waktu untuk diri sendiri dan melakukan aktivitas yang Anda sukai dapat membantu mengurangi stres.
  5. Konsumsi makanan sehat dan cukup tidur : Konsumsi makanan sehat dan cukup tidur dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental yang baik.

Perlu diingat bahwa pengurangan stres harus dilakukan secara teratur dan dikombinasikan dengan pengobatan lain yang sesuai seperti fisioterapi, obat-obatan dan latihan. Sebaiknya mencari nasihat dari dokter atau ahli terapi untuk mendapatkan program pengurangan stres yang tepat untuk kondisi Anda.

Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat dapat membantu dalam mengatasi pergelangan tangan kiri sakit. Beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengurangi sakit pada pergelangan tangan kiri antara lain:

  1. Makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  2. Makanan yang kaya akan Omega-3 seperti ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, dan sarden. Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.
  3. Makanan yang kaya akan vitamin D seperti susu, telur, dan ikan, yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan otot.
  4. Makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran hijau, yang dapat membantu dalam menenangkan otot dan saraf.
  5. Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju, yogurt, dan sayuran hijau, yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang.
  6. Makanan yang kaya protein seperti daging, telur, ikan dan susu, yang dapat membantu dalam memperkuat otot.

Sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari sakit pada pergelangan tangan kiri dan pengobatan yang tepat.

Pertanyaan: Apa yang menyebabkan pergelangan tangan kiri sakit?

Jawaban: pergelangan tangan kiri sakit dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti cedera, overuse, inflamasi, atau penyakit seperti osteoarthritis, tendonitis, atau sindrom tunnel karpal.

Pertanyaan: Bagaimana cara mengatasi pergelangan tangan kiri sakit?

Jawaban: Cara mengatasi pergelangan tangan kiri sakit dapat meliputi pemakaian splint atau penjepit untuk mengurangi gerakan pada area yang sakit, pemberian obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit, fisioterapi untuk memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas pada area yang sakit, steroid injeksi untuk mengurangi peradangan yang parah, dan operasi dapat dilakukan jika kondisi lainnya tidak membaik.

Pertanyaan: Apakah latihan dapat membantu mengatasi sakit pada pergelangan tangan kiri?

Jawaban: Ya, latihan dapat membantu mengatasi sakit pada pergelangan tangan kiri. Latihan yang dapat dilakukan antara lain stretching, strengthening, dan range of motion (ROM) untuk meningkatkan fleksibilitas dan gerakan pada pergelangan tangan. Namun, perlu diingat bahwa latihan harus dilakukan secara berkala dan teratur, dan latihan harus dihentikan jika menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.

Kesimpulannya, sakit pada pergelangan tangan kiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti cedera, overuse, inflamasi, atau penyakit seperti osteoarthritis, tendonitis, atau sindrom tunnel karpal. Beberapa cara untuk mengatasi sakit pada pergelangan tangan kiri meliputi pemakaian splint atau penjepit, pemberian obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), fisioterapi, steroid injeksi, operasi dan pengurangan stres. Latihan yang dapat dilakukan antara lain stretching, strengthening, dan range of motion (ROM) untuk meningkatkan fleksibilitas dan gerakan pada pergelangan tangan. Namun, perlu diingat bahwa pengobatan yang tepat tergantung pada penyebab dari sakit pergelangan tangan kiri, dan sebaiknya mencari nasihat dari dokter atau ahli fisioterapi untuk diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.